Kolaborasi BPJS Kesehatan Untuk Pelayanan Kesejahteraan Masyarakat

PATI, INFOMEDIA.

Dalam langkah progresif menuju pelayanan kesehatan dan keamanan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Polantas, dan Jasaraharja tingkatkan kolaborasi strategis untuk efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam menjalankan Program Sistem Jaminan Sosial Nasional ( SJSN), Kamis (21/12).

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan solusi holistik dalam bidang kesehatan, ketenagakerjaan, dan keamanan jalan raya. Langkah ini mencerminkan komitmen bersama untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui sinergi dan inovasi.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus Mulyono Adi Nugroho menyampaikan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan sudah berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan untuk mengembangkan program-program kesejahteraan bagi pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini mencakup peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan keamanan kerja.

“Kami percaya kolaborasi ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta BPJS Kesehatan. Dengan sinergi bersama BPJS Kesehatan, Jasa Raharja dan Polantas dapat menciptakan ekosistem kesehatan yang lebih holistik dan terjangkau,” terang Adi.

Adi juga menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan penekanan pada program pelatihan dan keselamatan kerja.

Ini melibatkan upaya meningkatkan pemahaman peserta terkait praktik keselamatan di tempat kerja, dengan harapan mengurangi risiko kecelakaan dan penyakit yang dapat dicegah.

“Kami berupaya meningkatkan program-program kesejahteraan bagi pekerja yang terdaftar dalam Program SJSN. Hal ini mencakup peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan keamanan kerja,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati Wahyu Giyanto juga menyampaikan dalam upaya peningkatkan akses pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan terus upayakan kolaborasi dan bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan kesehatan yang komprehensif kepada peserta, termasuk tenaga kerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, serta yang terdaftar sebagai peserta didalam Jasa Raharja.

“Kami percaya kolaborasi ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta BPJS Kesehatan. Dengan bersinergi bersama BPJS Ketenagakerjaan, Jasa Raharja dan Polantas, kami dapat menciptakan ekosistem kesehatan yang lebih holistik dan terjangkau,” terangnya.

Kolaborasi yang melibatkan Polantas dan Jasaraharja ini merupakan upaya penegakan hukum dan keselamatan di jalan raya. Polantas akan bekerja sama dengan Jasaraharja untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang aturan lalu lintas dan keselamatan berkendara.

“Tidak hanya upaya dalam memberikan Jaminan Kesehatan saja yang kami bahas, tetapi upaya promotif dan preventif juga kami tekankan dan upayakan agar masyarakat dapat mencegah terjadinya suatu penyakit atau kecelakaan kerja atau berkendara,” tandasnya.

Tidak hanya itu, wahyu memastikan bahwa seluruh peserta BPJS Kesehatan dapat dengan mudah mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas, baik melalui upaya peningkatan sarana dan prasarana, maupun inovasi dalam penyediaan layanan.

“Bersama BPJS Ketenagakerjaan, kami akan mengembangkan program-program kesehatan yang berfokus pada kebutuhan khusus pekerja, termasuk upaya pencegahan penyakit dan peningkatan keselamatan di tempat kerja,”tutur Wahyu.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan bahwa masyarakat Indonesia akan merasakan manfaat yang signifikan dalam hal pelayanan kesehatan, perlindungan ketenagakerjaan, dan keselamatan jalan raya. Pihak-pihak yang terlibat meyakini bahwa sinergi ini akan menciptakan dampak positif jangka panjang terhadap kesejahteraan dan keamanan masyarakat.

“BPJS Kesehatan percaya bahwa kolaborasi ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi seluruh peserta dan masyarakat Indonesia secara luas. Kami berharap kerjasama ini dapat menjadi contoh bagi kerjasama sektor publik dan swasta lainnya dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bersam,”tutup Wahyu.

BPJS Kesehatan percaya bahwa kolaborasi ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi seluruh peserta dan masyarakat Indonesia secara luas.

Kami berharap kerjasama ini dapat menjadi contoh bagi kerjasama sektor publik dan swasta lainnya dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bersama. (Gun).