Pendaki Terperosok Jurang Sedalam 60 Meter di Gunung Muria

Tim Sar gabungan saat mengevakuasi korban di Gunung Muria, Kudus.

SEMARANG, INFO MEDIA – Seorang pendaki asal Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dari dasar jurang.

Pendaki tersebut adalah Robiatul Fadilah (22), terperosok ke jurang di jalur sisi kanan pendakian Argo Piloso Gunung Muria Kudus, Jawa Tengah, pada Sabtu (27/1/24) sekira pukul 13.30 WIB.

“Korban mendaki puncak Argo Piloso Gunung Muria pukul 05.30 WIB bersama tujuh rekan lainnya. Sampai dipuncak sekira pukul 11.30 WIB, dua jam kemudian turun ke basecamp,” terang Kepala Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono.

Tim Sar gabungan saat mengevakuasi korban di Gunung Muria, Kudus.
Tim Sar gabungan saat mengevakuasi korban di Gunung Muria, Kudus.

Saat akan mencapai di pos 3 jalur pendakian, imbuh Budiono, warga asal Pulorejo itu terperosok dan terjatuh di jurang sedalam 60 meter.

Mengetahui hal itu, Budiono menambahkan, rekan pendaki lainnya berusaha menolong.

“Dua rekannya turun gunung dan meminta bantuan kepada tim Sar. Sementara lima lainnya berusaha menolong korban, didalam jurang sedalam 60 meter,” terang dia.

Mendapat informasi dari masyarakat, tim Sar gabungan segera mencari dan melakukan proses evakuasi jatuhnya korban dijurang kedalaman 60 meter.

“Empat jam, upaya dan usaha tim Sar gabungan dengan menggunakan tali akhirnya berhasil mengevakuasi korban dari dasar jurang,” imbuhnya.

Medan yang terjal dan licin yang disertai turunnya hujan disaat proses evakuasi korban menjadi tantangan tim Sar gabungan.

“Korban luka ringan dan bengkak dibagian kaki sebelah kiri. Guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut, korban dilarikan kerumah sakit terdekat,” kata Budiono. (Gun).