Putra Mahkota Karaton Kasunanan Surakarta Bawa Pusaka Utama di Kirab Pusaka 1 Suro JE 1958

INFO MEDIA, KOTA SURAKARTA – Pelestarian tradisi melalui kirab pusaka Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat terus lestari hingga kini, dalam gelaran kirab pusaka 1 Suro JE 1958 Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat secara langsung Putra mahkota Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPAA Hamangkunegoro Sudibyo Rajaputra Narendra Mataram memimpin acara dengan membawa pusaka utama Kraton, Minggu (7/7/2024).

Acara akbar yang sudah berlangsung turun temurun ini setidaknya juga dihadiri oleh ribuan abdi dalem dan Sentono dalem Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dari berbagai wilayah serta mampu menyedot ratusan ribu masyarakat guna menyaksikan khidmat jalannya acara.

Dalam gelaran acara sakral ini dari pantauan awak media setidaknya ada 7 pusaka utama dari 13 pusaka Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang dikeluarkan untuk diarak keliling memutari jalanan wilayah Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pusaka Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat itu diberangkatkan langsung atas perintah SISKS Pakoe Boewono XIII raja Surakarta dari dalam keraton dan dibawa keluar melalui pintu Kori Kamandungan dan dikawal kebo bule (Kanjeng kiyai Slamet) dibarisan paling depan sebagai pengawalnya.

Acara yang berlangsung sangat hikmat ini juga banyak dihadiri kalangan tokoh masyarakat dan beberapa artis diantaranya Chelin evangelista, Ki Pranalewu dan juga ada Ketua umum Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Kera Sakti (IKSPI) Pusat Bambang Sunarja serta wakil menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Afriansyah Noor.

Bambang Sunarja Ketua umum IKSPI yang juga abdi dalem Keraton Surakarta dengan gelar Kanjeng Raden Arya Tumenggung (KRAT) saat dikonfirmasi awak media dirinya mengaku sangat luar biasa melihat khidmat dan besarnya gelaran acara di Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini.

“Alhamdulillah sangat luar biasa, ini pertama kali saya ikut hadir acara diKaraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mewakili dari Madiun dan keluarga besar IKSPI,” katanya.

Dirinya mengaku sangat terharu saat mengikuti rangkaian acara yang penuh hikmat ini, serta berharap bisa terus hadir membersamai untuk menyemarakkan acara kirab pusaka Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ditahun-tahun berikutnya.

“Sangat terharu dan mudah-mudahan ditahun -tahun berikutnya kami bisa terus hadir bersama teman teman yang lainnya,” sambung Bambang Sunarja.

Disisi lain Ki Pranalewu artis dan juga praktisi supranatural Indonesia saat dikonfirmasi awak media juga sangat senang lantaran tahun ini dirinya bisa turut mengikuti jalannya kirab pusaka Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

“Hari ini saya mengikuti kirab Alhamdulillah bisa mengikuti,” ungkapnya.

Selanjutnya disisi akhir Ki Pranalewu juga berharap dan meminta agar rangkaian acara adat seperti kirab pusaka Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bisa terus dilestarikan dan dijunjung tinggi agar tetap lestari.

“Sangat menyenangkan kita bisa mengikuti arus budaya yang ada di Indonesia ini, yang mana adat seperti ini harus kita junjung tinggi,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan jika masyarakat ingin mengetahui info terkait kegiatan dan berbagai informasi terkait Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bisa melalui akun Instagram resmi Kraton Surakarta @kraton_solo. (Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *