Mbah Sarwan Lemas, Terjebak Diatas Pohon

Tim Sar Gabungan saat mengevakuasi Mbah Sarwan diketinggian 10 meter, mencari daun ranting untuk pakan ternak, Senin (28/8).

MAGELANG, INFOMEDIA.ID.

Salah seorang warga bernama Sarwan (60), warga Dusun Wagean RT 06/01, Desa Ngargogondo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang terjebak diatas pohon rambutan diketinggian 10 meter, memotong daun ranting untuk keperluan pakan ternak, pada Senin (28/8).

“Diduga kelelahan, merasa lemas, setelah memanjat sesampainya di atas pohon. Korban sekira pukul 15.30 WIB mencari daun ranting untuk pakan ternak,” ungkap Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto, menceritakan kronologi kejadian.

Melihat hal itu, Heru menambahkan, saksi Murdiman (40) yang juga bertetangga mengetahui bahwa sang korban terlihat lemas di atas pohon dan meminta pertolongan.

“Tim Sar Gabungan sekira pukul 17.20 WIB, berhasil mengevakuasi dan menurunkan mbah Sarwan yang terjebak di atas pohon karena kelelahan. Korban berhasil diselamatkan,” imbuh Heru.

korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat selanjutnya dibawa ke RSUD Merah Putih Kabupaten Magelang untuk pengobatan
korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat selanjutnya dibawa ke RSUD Merah Putih Kabupaten Magelang untuk pengobatan.

Proses penyelamatan korban, tim Sar memanjat dengan menggunakan tangga panjang memasang tambatan ancore, untuk menurunkan tubuh dengan cara di lowering dikontrol dari bawah.

“Kurang lebih 45 menit, korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat selanjutnya dibawa ke RSUD Merah Putih Kabupaten Magelang untuk pengobatan,” terangnya. (Gun).