Hari Pertama 1 Ton Sampah

Petugas kebersihan DLH Blora saat membersihkan sampah di sepanjang Jalan Pemuda Blora, usai karnaval, Sabtu (26/8).

BLORA, INFOMEDIA.ID.

Antusias masyarakat menyambut karnaval dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan selama dua hari (26-27/8/2023) disepanjang Jalan Pemuda hingga Jalan A. Yani, berlangsung meriah.

Dihari pertama pelaksanaan Karnaval, acara yang dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga kurang lebih pukul 16.30 WIB itu, petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora, gerak cepat membersihkan puing – puing sampah yang berserakan berbahan plastik dijalan rute pawai kemerdekaan.

Truk kebersihan dari DLH Blora nampak mengangkut sampah usai Karnaval HUT Ke 78 Kemerdekaan RI di Blora, Sabtu (26/8).
Truk kebersihan dari DLH Blora nampak mengangkut sampah usai Karnaval HUT Ke 78 Kemerdekaan RI di Blora di Jalan A. Yani, Sabtu (26/8).

“Ya mas, kami langsung ke lapangan membersihkan sampah di jalan, pelaksanaan karnaval Blora ditahun 2023 ini,” ungkap Bambang, korlap petugas kebersihan DLH Blora, saat disambangi wartawan dilapangan.

Dijalan Pemuda Blora itu, pada Sabtu (26/8/2023), Bambang menambahkan, mengambil rute start dari Alun Alun Blora sebanyak 60 petugas tersebar dijalur kanan maupun kiri, jalan Pemuda Blora hingga finis di Jalan A. Yani, menyisir seluruh puing puing sampah mulai dari jalanan, trotoar, maupun dipinggiran selokan.

“Tumpah ruah, berbagai kalangan masyarakat antusias menghadiri perayaan Hari Besar Nasional (karnaval, red) rata rata sampah berbahan plastik, petugas kebersihan mampu mengumpulkan hampir 1 ton sampah dihari pertama pelaksanaan dengan dibantu dua (2) truk pengangkut sampah dan bak sampah roda tiga,” imbuhnya.

“Jadi, 2 truk dan 1 kendaraan roda tiga penuh dalam sekali jalan. Ya, kurang lebihnya 1 ton sampah dominan plastik,” terang Bambang.

Bambang, koordinator lapangan petugas kebersihan DLH Blora saat disambangi wartawan baru baru ini, Sabtu (26/8).
Bambang, koordinator lapangan petugas kebersihan DLH Blora saat disambangi wartawan baru baru ini, Sabtu (26/8).

Salah satu petugas kebersihan, Dulmanap menyampaikan HUT ke 78 kemerdekaan RI ini terasa beda.

Pasalnya, setelah beberapa tahun belakang adanya larangan dari pemerintah berkumpul akibat Covid – 19 yang melanda dunia tak terkecuali Indonesia.

“Momen indah di HUT yang ke 78 bisa ikut memeriahkan dan meramaikan parade karnaval kemerdekaan,” kata Dul sapaan akrabnya.

“Pokoke semangat, sehat, panjang umur, tanggung jawab memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan keluarga. Termasuk halnya di kebersihan,” ungkapnya.

Sementara salah satu PKL di sepanjang Jalan Pemuda Blora, Anto mengapresiasi petugas menjalankan tugasnya dengan cepat, menjaga kebersihan usai karnaval HUT ke 78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Blora.

“Tadi terlihat, dibarisan peserta karnaval paling belakang, petugas kebersihan sudah stay dibelakangnya. Disusul 2 truk di sisi kanan/kiri jalan yang sudah siap mengantarkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” terang Anto, warga Kelurahan Tegalgunung itu.

“Tak lupa mas, terima kasih diucapkan kepada APH, panitia, Alhamdulillah acara lancar, Blora bersih, aman, sehat untuk bersama,” tutupnya.