Bupati Arief Serahkan Dua Armada Damkar Canggih di Dua Kecamatan

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, dan Wakil Bupati secara simbolis dengan memberikan replika kunci di depan armada Damkar kepada Camat Randublatung, dan Camat Ngawen, pada hari Jumat (1/4/2022).

BLORA, INFOMEDIA.ID.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., memimpin Apel Pembinaan bagi seluruh anggota Satpol PP, petugas Damkar, dan Satlinmas di halaman Kantor Satpol PP Kabupaten Blora, Jl. Blora-Cepu km 5 Kecamatan Jepon, pada hari Jumat (1/4/2022).

Apel Pembinaan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke 72, HUT Damkar ke 103, dan HUT Satlinmas ke 60 Tahun 2022 ini, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST., MM., serta para Camat.

“Salam Praja Wibawa…!! Selamat ulang tahun untuk Satpol PP Kabupaten Blora, berikut Damkar dan Satlinmas. Semoga kedepan bisa semakin maju, dan professional,” ucap Bupati.

“Ketiga kesatuan ini, baik Satpol PP, Damkar, maupun Satlinmas, mempunyai posisi yang penting dalam melayani dan melindungi masyarakat. Baik dalam tugas pengamanan, penyelamatan, hingga penanganan musibah atau bencana,” sambung Bupati.

“Sehingga kami berpesan agar selalu meningkatkan kualitas pelayanan. Berikan pelayanan yang terbaik, buang jauh yang namanya arogansi dan utamakan pelayanan yang humanis. Ketika masyarakat tahu ada anggota yang hadir, kami ingin mereka timbul perasaan tenang. Bukan justru takut karena ada Satpol PP,” tambah Bupati.

Usai memimpin apel pembinaan, Bupati dan Wakil Bupati kemudian menyerahkan dua unit armada pemadam kebakaran (damkar) baru. Yang masing-masing diserahkan kepada Camat Randublatung, dan Camat Ngawen.

“Dua armada damkar baru ini kita tempatkan di Randublatung dan Ngawen untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang jauh dari pusat Kabupaten Blora. Harapannya satu damkar di Randublatung dapat melayani jika terjadi kondisi darurat di wilayah selatan, meliputi Randublatung, Jati, hingga Kradenan,” terang Bupati.

Sedangkan satu unit damkar di Ngawen, menurut Bupati untuk mendekatkan pelayanan di wilayah barat seperti Ngawen, Japah, Todanan dan Kunduran.

“Jadi ketika ada kebakaran atau musibah lain yang perlu penanganan segera, tidak terlalu lama menunggu damkar dari Kota Blora. Sedangkan untuk wilayah timur, Cepu, Sambong, Kedungtuban dan sekitarnya sudah ada damkar PPSDM Migas dan Pertamina. Sehingga kita juga jalin kerjasama untuk saling membantu,” kata Bupati.

Bupati Arief Rohman memimpin Apel Pembinaan bagi seluruh anggota Satpol PP, petugas Damkar, dan Satlinmas di halaman Kantor Satpol PP Blora, pada hari Jumat (1/4/2022).
Bupati Arief Rohman memimpin Apel Pembinaan bagi seluruh anggota Satpol PP, petugas Damkar, dan Satlinmas di halaman Kantor Satpol PP Blora, pada hari Jumat (1/4/2022).

Kasatpol PP Blora, Hendi Purnomo, menerangkan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Kecamatan Randublatung dan Kecamatan Ngawen juga telah mempersiapkan peralatan dan SDM untuk menunjang operasional armada damkar yang baru ini.

“Sebenarnya pengadaannya ini sudah akhir tahun 2021 kemarin, namun karena kita harus mempersiapkan peralatan pendukung dan pelatihan SDM untuk operasionalnya sehingga baru bisa diserahkan oleh Bapak Bupati hari ini. Jadi ini akan ditempatkan di pos Kecamatan Randublatung, dan pos Kecamatan Ngawen,” ungkap Hendi.

Kendaraan damkar yang baru ini, menurutnya lebih canggih dibanding kendaran sebelumnya. Yang sekarang duoble kabin, AC, bemper ada win nya, radio komunikasi, scba di tempat duduk belakang ada 3 buah, equipment lebih lengkap.

Adapun Camat Randublatung, Sutarso, mengucapkan terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Kepala Satpol PP Blora yang telah menyerahkan armada Damkar untuk wilayahnya.

“Maturnuwun Bupati Blora, Wakil Bupati dan Kepala Satpol PP. Mimpi warga Randublatung untuk memiliki Damkar akhirnya terwujud. Sebelumnya setiap ada kebakaran di Randublatung dan sekitarnya selalu menunggu damkar dari Blora, hampir satu jam perjalanan. Dengan adanya Damkar ini, maka inshaAllah penanganan akan lebih cepat. Namun kita tetap berdoa semoga tidak banyak kebakaran,” kata Sutarso. (*Gun).