Peringatan Hardiknas di Blora Momentum Peningkatan Kompetensi Guru

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora, Sunaryo

BLORA, INFO MEDIA – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora, Sunaryo berharap peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke 65 yang jatuh pada 2 Mei 2024 ini menjadi momentum peningkatan kualitas guru.

Menurut Sunaryo, peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan melalui komunitas forum guru K3S atau NKKS, MGMP dan KKG selain itu lewat webbinar dengan platform gratis.

Namun, dengan melalui webbinar gratis yang perlu diwaspadai efeknya pada saat mengambil sertifikat.

“Untuk itu, kita dorong agar dia ikut guru penggerak. Kalau dulu ada batasan usia, untuk sekarang tidak ada batasan usia, artinya untuk yang sepuh sepuh juga boleh,” ungkapnya di kantor Dinas Pendidikan, pada Kamis (2/4/2024).

Sunaryo menjelaskan bahwa guru pengerak itu menjadi pemimpin pembelajaran.

Dan kalau dia dikelas lolos maka bisa menjadi pemimpin di sekolah berarti bisa menjadi kepala sekolah. Yang lebih tinggi pemimpin pembelajaran di kabupaten misalnya menjadi pengawas.

“Motor motor itu yang mau kita gerakan biar nanti kompetensi guru bisa meningkat,” pintanya melanjutkan.

Kata Sunaryo fokus kurikulum merdeka pada anak di P5 penguatan profil pelajar Pancasila.

“Dengan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha esa, berakhlak mulia, mandiri, kreatif, gotong royong, bernalar dan berkhebinekaan global,” sebutnya.

Selain itu juga didukung dan di dorong agar siswa cakap dan melek lima literasi diantaranya literasi baca tulis untuk menangkap informasi, literasi numerasi dengan menggunakan angka untuk memecahkan persoalan kehidupan.

Kemudian literasi sains yakni kecakapan untuk melakukan berfikir secara ilmiah dengan kaidah kaidah argumentasi dan teoritis dan yang ke empat literasi numerasi digital yakni mengenal digitalisasi progam terakhir literasi finasial.

Meski demikian, di Hari Pendidikan yang ke 65 iniĀ  pihaknya berharap para guru lebih meningkatktan kualitas diri.

“Guru mau belajar untuk meningkatkan kompetensi, fokus per value ASN BERAKHLAK,” demikian pinta Sunaryo. (Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *