Kirab Budaya Hari Jadi Blora ke 274, Cermin Semangat Kebersamaan dan Pelestarian Seni Budaya Lokal

Kirab Budaya Hari Jadi Blora ke 274 tahun 2023

BLORA, INFOMEDIA.ID.

Peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora yang jatuh pada tanggal 11 Desember 2023 mengangkat tema “Guyub Rukun Sesarengan Mbangun Blora Berkelanjutan, Nguri-Uri Budaya hingga Desa”, Kirab Budaya di Blora berlangsung dengan khidmat dan meriah.

Mengambil start dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora dan finish di depan Kantor DPRD Kab. Blora, Kirab Budaya dilaksanakan pada Minggu (10/12/2023), sekira pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Tema kirab itu sebagai cerminan semangat kebersamaan, persatuan, guyub rukun melanjutkan pembangunan daerah tanpa melupakan pelestarian seni budaya lokal.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Setyo Pujiono mewakili Plt Kepala Dinporabudpar Iwan Setiyarso mengatakan tujuan kirab budaya tersebut untuk menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga memiliki Blora. Wahana menampung kreasi, ekspresi, dan apresiasi warga Blora. Sebagai ajang promosi potensi budaya dan kearifan lokal Blora dan hiburan warga masyarakat Blora.

“Bentuk dan sifat kegiatan adalah parade / arak-arakan yang mengandung unsur seni, tradisional, kreatif, inovatif, dan atraktif. Materi garapan parade berorientasi kepada potensi seni tradisional Blora. Peserta parade dengan berjalan kaki,” kata Setyo.

Setyo Pujiono menambahkan peringatan Hari Jadi merupakan wujud rasa syukur seluruh masyarakat Blora kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang memberikan karunia berupa sebuah wilayah bernama Blora.

Selain itu, lanjutnya, banyaknya kegiatan akan memberikan hiburan bagi masyarakat dan bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama pelaku home industri.

Dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam peringatan tersebut, diharapkan tetap dapat menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga memiliki Blora. Penyelenggaraan Kirab Budaya sebagai wadah menampung kreasi, ekspresi, dan apresiasi masyarakat Kabupaten Blora untuk melestarikan nilai-nilai luhur bangsa.

Sementara itu, Mifta dan Nia, pelajar dari SMK 1 Muhammadiyah Blora mengaku senang bisa menyaksikan Kirab Budaya tahun ini.

“Alhamdulillah, bisa membuat konten, menyaksikan kirab budaya, Selamat Hari Jadi ke-274 Blora,” kata mereka berdua. (Gun).