HUT ke-78 TNI Momentum Intropeksi, Wujudkan TNI Profesional, Modern dan Tangguh

Kasdim Mayor Inf Bani saat membacakan amanat Panglima TNI upacara HUT ke-78 TNI tahun 2023 di Makodim, Kamis (5/10/2023).

BLORA, INFOMEDIA.ID.

Komandan Kodim 0721/Blora diwakili Kasdim Mayor Inf Bani menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2023 yang digelar di lapangan apel Makodim setempat, Kamis (05/10/2023).

Panglima TNI, Laksamana TNIĀ  Yudo Margono dalam amanat pada upacara HUT ke-78 TNI tahun 2023 yang dibaca Kasdim 0721/Blora di hadapan para peserta upacara menyampaikan apresiasi atas kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini,” ujar Kasdim.

Sambungnya, terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan.

Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI harus kita jadikan sebagai bahan intropeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh, tegas.

Upacara HUT Ke-78 TNI diikuti oleh anggota Kodim 0721/Blora, Subdenpom IV/3-1 Blora, Minvetcad IV-27/Blora dan Rumkitban 04.08.05 Blora.
Upacara HUT Ke-78 TNI diikuti oleh anggota Kodim 0721/Blora, Subdenpom IV/3-1 Blora, Minvetcad IV-27/Blora dan Rumkitban 04.08.05 Blora.

Peringatan HUT ke-78 TNI pada tahun 2003 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta pilkada serentak di 548 daerah, yaitu 38 provinsi, 415 kabupaten dan 98 Kkotamadya.

“Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi, akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan,” imbuhnya.

Kasdim 0721/Blora menegaskan prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa.

“TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berjalan dengan aman, damai dan sejuk,” terangnya. (Gun).