Bergelora, Senam Sparko di Mako 410/Alugoro

Prajurit saat mengikuti Senam Sparko di lapangan Mako 410/Alg Blora, pada Kamis (7/9/2023).

BLORA, INFOMEDIA.ID.

Batalyon Infanteri 410 Alugoro menggalakkan Senam Spartan Komando (Sparko) bagi prajurit bertempat di lapangan Mako 410/Alg Blora, pada Kamis (7/9/2023).

Danyonif 410/Alugoro Letkol Inf Muhammad Arif dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa senam Spartan Komando (Sparko) semakin bergelora di Yonif 410/Alugoro. Olahraga ini simpel dan tidak membutuhkan biaya bisa dibilang murah. Selagi badan fit, Sparko bisa dilakukan berbagai kalangan dan dimana saja.

“Sparko mengkombinasikan variasi antara gerakan push up, chin up dan jogging. Sparko bisa dilakukan secara rutin dimana saja dan kapan pun. Olah raga ini hanya membebankan pada tubuh sendiri. Olah raga ini sangat efektif untuk menjaga stamina, kekuatan tubuh, dan membentuk massa otot. Sparko cocok dilakukan di dalam ruangan maupun tempat terbuka, Sparko memang lebih seru dilakukan bersama-sama. Selain sebagai ajang bersilaturahmi, Sparko ini menjadi olah raga positif penuh semangat,” pungkas Danyonif 410/Alugoro.

Sebagai tambahan informasi, senam Sparko adalah program olahraga Multiple Endurance Training (MET). Latihan tersebut berkonsep Street Workout, Military Crossfit, Balance Training serta High Intensity Interval Running (HIIR) yang memang hanya diperuntukkan untuk para prajurit Kopassus, namun saat ini semua kalangan masyarakat bisa merasakan olahraga ala Kopassus itu.

Prajurit saat mengikuti Senam Sparko di lapangan Mako 410/Alg Blora, pada Kamis (7/9/2023).
Prajurit saat mengikuti Senam Sparko di lapangan Mako 410/Alg Blora, pada Kamis (7/9/2023).

Materi olahraga Sparko adalah penguatan tangan, otot perut bawah, otot dada, otot paha dan lengan. Beberapa gerakan dasar Sparko adalah push up, lunges, squats dan lari mengelilingi Batalyon sejauh 4 Km, dipimpin langsung oleh Serda Romi. (Gun).