Wujudkan Kamseltibcarlantas dan Penyalahgunaan Narkoba, Polisi Sambangi SMKN 2 Demak

Pelajar SMKN 2 Demak saat safety riding bersama Satlantas Polres Demak, Senin (6/5/2024).

INFOMEDIA.ID , DEMAK – Polres Demak melalui Unit Kamsel Satuan Lalu Lintas (Satlantas), memberikan sosialisasi terkait tertib berlalu lintas di jalan raya dan Safety Riding, kepada siswa/i SMK Negeri 2 Demak, pada Senin (6/5) pagi tadi.

Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya melalui Kasat Lantas AKP Lingga Ramadhani mengatakan tertib berlalu lintas merupakan suatu kebutuhan yang utama saat mengendarai kendaraan bermotor di jalan.

“Apabila kita tertib, maka Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di jalan raya dapat terwujud,” ucap Kasat Lantas.

Dikatakannya lagi, sosialisasi oleh Kanit Kamsel Satlantas Ipda Rohmat Sukoprihanto selain kepada masyarakat sebagai pengendara, juga kepada siswa/i sekolah, dengan tujuan agar sejak dini dapat mematuhi setiap peraturan lalu lintas, dan harapannya pelajar dapat menjadi pelopor keselamatan, bukan menjadi pelaku balap liar.

Kanit Kamsel Ipda Rohmat Sukoprihanto saat langsung memberikan sosialisasi  mengatakan kali ini siswa sekolah yang menjadi sasaran sosialisasi, karena telah banyak dijumpai, siswa sekolah mengendarai sepeda motor ke sekolah.

“Kini sudah banyak ditemui di jalan, siswa sekolah, khususnya SMA atau SMK yang mengendarai sepeda motor ke sekolah. Saat diperiksa, ternyata masih di bawah umur, dan belum layak serta cukup umur untuk mengendarai sepeda motor,” terang Kanit Kamsel.

Dalam keterangannya saat menyampaikan sosialisasi, dikatakan kepada seluruh siswa SMK Negeri 2 Demak agar hanya siswa yang telah cukup umur dan memiliki SIM saja yang boleh mengendarai sepeda motor.

“Kami tidak mengizinkan pengemudi di bawah umur untuk mengemudikan kendaraan bermotor. Bagi yang telah cukup umur, wajib membawa surat-surat kelengkapan kendaraan, seperti SIM, STNK dan tidak lupa menggunakan helm,” jelas Ipda Suko saat memberikan sosialisasi dihadapan seluruh siswa.

Selain itu, siswa juga di berikan materi tentang pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada siswa siswi SMK N 2 Demak.

Setelah diberikan materi tentang terkait tertib berlalu lintas di jalan raya dan pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba, siswa siswi SMK N 2 Demak diajak praktek langsung safety riding di lapangan. (Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *