Wartawan Blora Upgrade Pengetahuan Jurnalis

Wartawan Blora saat mendapatkan pendalaman materi jurnalistik, di Joglo Nirwana, Kamis (16/11).

BLORA, INFOMEDIA.ID.

Sejumlah wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora melaksanakan upgrading pengetahuan tentang jurnalistik. Ini dilaksanakan dalam rangka menguatkan sumber daya manusia (SDM) wartawan di Blora.

Wartawan Blora saat mendapatkan pendalaman materi jurnalistik, di Joglo Nirwana, Kamis (16/11).
Wartawan Blora saat mendapatkan pendalaman materi jurnalistik, di Joglo Nirwana, Kamis (16/11).

Ketua PWI Blora Heri Purnomo menyampaikan bahwa perlunya peningkatan kompetensi wartawan melalui uji kompetensi wartawan (UKW). Sehingga wartawan bisa mempertanggungjawabkan karya jurnalistiknya sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Wartawan bisa bekerja sesuai dengan undang-undang dan aturan yang berlaku. Menjalankan kerja jurnalistik secara profesional,” ucapnya dalam sambutan Pelatihan UKW PWI Blora di rumah makan Nirwana Kecamatan Jepon, Blora, Kamis (16/112023).

Kegiatan tersebut guna mempersiapkan anggota PWI Blora mengikuti ujian kenaikan yakni Madya dan Utama.

“Dengan mengikuti uji kompetensi dan dinyatakan lolos, wartawan akan memegang sertifikasi. Sehingga, kelayakan seseorang menjadi seorang wartawan bisa dipertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Sementara saat membuka acara, Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati mengapresiasi pelatihan ini. Dia menilai bahwa perlunya wartawan meningkatkan SDM di tengah pergolakan kemajuan teknologi.

“Harus ditingkatkan ya. Semua ini kan semakin maju, termasuk kemajuan teknologi. Uji kompetensi ini menandakan peningkatan ilmu dan peningkatan SDM,” terangnya.

Pelatihan uji kompetensi wartawan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mempersiapkan wartawan mengikuti UKW mulai tingkat muda, madya dan utama. Forum kemudian dilanjutkan berdiskusi mengenai lika-liku perjalanan media pemberitaan di Blora. (Jamil).