Seleksi Penerimaan Polri Memasuki Tahapan Rikmin, Ratusan Pendaftar Terverifikasi

Polres Semarang menggelar Rikmin tahap I yang dilaksanakan di Aula Condrowulan Polres Semarang.

SEMARANG, INFO MEDIA – Pendaftaran penerimaan anggota Polri yang dibuka hingga tanggal 25 April 2024, memasuki tahap pemeriksaan administrasi tahap I tingkat Polres, Polresta dan Polrestabes.

Rikmin adalah tahap pemeriksaan administrasi yang dilangsungkan dalam seleksi Polri. Polres Semarang menggelar Rikmin tahap I yang dilaksanakan di Aula Condrowulan Polres Semarang. Sebanyak 148 pendaftar yang telah terverifikasi, melakukan Rikmin di Polres Semarang, Senin (22/4/2024).

“Hari ini dilaksanakan pemeriksaan adminitrasi tahap I tingkat Polres Semarang, dimana sudah ada 148 pendaftar penerimaan anggota Polri, baik Taruna maupun Bintara yang melakukan verifikasi dan ikut dalam pemeriksaan. Dimana dari 148 pendaftar, 22 pendaftar merupakan pendaftar anggota Polri untuk Taruna Akpol dan Rikmin sudah dilaksanakan pada 18 dan 19 April 2024 lalu, alhamdulillah 22 Pendaftar dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya tingkat Polda,” ujar Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra.

Di lokasi kegiatan Kabag SDM Polres Semarang Kompol Sutarmin, menjelaskan bahwa total untuk pendaftar rekrutmen Bintara Polri sebanyak 387 pendaftar. Dan terbagi dari jenjang pendidikan yang dibuka oleh Mabes Polri.

“Total untuk yang sudah mendaftar sebanyak 387 pendaftar, dimana untuk jenjang Taruna Akpol sudah selesai yaitu 22 orang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya tingkat Polda. Dan untuk pendidikan Bintara hari ini ada 126 pendaftar yang melaksanakan Rikmin, sedangkan sisanya 239 pendaftar akan melakukan Rikmin gel. II pada Kamis 25 April 2024 mendatang. Itupun nanti kemungkinan akan terus bertambah, mengingat pendaftaran Online untuk Bintara Polri masih dibuka hingga tanggal 25 April 2024,” terang Kompol Sutarmin.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa untuk pendidikan Bintara Polri terdapat beberapa jenjang penerimaan, Bintara PTU (Polisi Tugas Umum), Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) Nakes, Bakomsus Hukum, Bakomsus Kehumasan, Bakomsus Pariwisata, Bintara Rekrutmen Proaktif, dan Bakomsus Psikologi.

“Untuk diktuk Tamtama juga sudah ada sekitar18 pendaftar hingga hari ini, dan nanti akan dilaksanakan pemeriksaan bersamaan dengan pendidikan Bintara yaitu Kamis 25 April 2024,” tandas Kabag SDM.

Harapan juga disampaikan beberapa calon Bintara Polri, salah satunya Stevanus Tri Wahyu yang mendaftar dari jenjang Bakomsus Hukum.

Lulusan S1 Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ini mengungkapkan bahwa, kali ini merupakan pengalaman pertama pihaknya mengikuti seleksi Polri.

“Alasan saya ingin menjadi anggota Polri, selain mengabdi kepada bangsa dan negara juga sebagai sarana membanggakan kedua orang tua,” katanya. (Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *