PWI Sesalkan Giat Polres Blora tentang Pembinaan Terhadap Wartawan

giat Polres Blora berjudul "Pembinaan Wartawan Kapolres Blora kepada Wartawan Kabupaten Blora" yang digelar pada Jumat, 29 Maret 2024.

BLORA, INFO MEDIA – Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Blora, Jawa Tengah menyesalkan giat Polres Blora berjudul “Pembinaan Wartawan Kapolres Blora kepada Wartawan Kabupaten Blora” yang digelar pada Jumat, 29 Maret 2024.

Dalam kegiatan tersebut Polres Blora mengundang sejumlah wartawan di Blora, untuk menghadiri acara yang digelar di gedung Arya Guna Polres Blora menjelang Puasa.

Ketua PWI Blora Heri Purnomo, mengatakan bahwa Wartawan itu punya Undang -undang Pers nomor 40 tahun 1999 dan didalamnya terdapat Kode Etik Jurnalistik.

UU Pers mengatur pembentukan lembaga Pers dan Media Massa. Lembaga resmi tersebutlah yang melakukan pembinaan terhadap wartawan.

Salah satunya PWI, yang setiap tahunya menggelar Orientasi dan Uji Kompetisi Wartawan sebagai bentuk pembinaan dan ujian kepada semua wartawan, agar menjadi jurnalis yang profesional dan kompeten.

“Bukan Polres. Ini kok jadi rancu ya, masalahnya selama ini kita menjadi mitra. Bahkan kita pernah menggelar pelatihan terhadap humas Polres maupun lainnya”, ungkap Heri

“Mohon maaf, seolah-olah melecehkan wartawan,” imbuhnya.

Ditambahkan Heri, PWI sebagai lembaga Pers tertua di Indonesia, miris melihat judul kegiatan itu.

“Kita kan bukan anggota mereka. Kenapa harus dilakukan pembinaan oleh mereka. Apa salah kita, harus dibina oleh lembaga vertikal seperti mereka. Kita punya lembaga sendiri,” jelas Heri.

Ia berharap wartawan/ jurnalis memahami hal ini. Profesi wartawan adalah mulia, jangan sampai dilecehkan.

“Semua orang butuh uang, namun jangan merendahkan profesi Wartawan,” tutup Heri.

Jalin Sinergi Dengan Wartawan, Polres Blora Gelar Pembinaan Wartawan Dan Jumat Curhat.

Beberapa hari sebelumnya pada Jumat, (29/03/2024) di Aula Arya Guna Polres Blora telah dilaksanakan Kegiatan Jumat Curhat Polres Blora Dirangkaikan Dengan Kegiatan Pembinaan Wartawan Kabupaten Blora.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Blora yang diwakili Wakapolres Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si, Pejabat Utama Polres Blora, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Blora, Perwakilan PP Polri Dan Warakawuri serta Wartawan Kabupaten Blora.

Mewakili Kapolres, Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si menyampaikan ucapan Terima kasihnya atas kedatangan seluruh tamu undangan yang hadir.

“Kami haturkan permohonan maaf dari Bapak Kapolres yang seyogyanya akan hadir secara langsung, namun demikian karena beliau ada tugas sehingga kami mewakili beliau disini. Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang sudah berkenan hadir, ” ucap Wakapolres Blora.

Lebih lanjut Wakapolres menyampaikan pesan Kapolres Blora, bahwa Polres Blora mohon dukungan dari para wartawan serta tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta PP Polri dan Warakawuri yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Tentunya kami mohon sinergi dan dukungannya dari rekan rekan wartawan dan seluruh elemen masyarakat yang ada di kabupaten Blora guna menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Blora agar tetap aman dan kondusif. Terutama pada saat bulan puasa dan menjelang lebaran,” tambah Wakapolres Blora. (Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *