70 Persen Angka Kematian di Blora, Dominasi Penyakit Tidak Menular

Kadinkes Kab. Blora Edi Widayat saat Talk Show Gebyar Ramadan 1445 H di Alun-Alun Blora, Senin (1/4/2024).

BLORA, INFO MEDIA – Mengangkat tema “Deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular” dan tentunya kita pakai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Dinas Kesehatan Kabupaten Blora gelar Talk Show Gebyar Ramadhan 1445 H/ 2024 W, di Alun-alun Blora, Senin (1/4/2024), sore.

“Cek kesehatan secara berkala agar dapat mencegah penyakit, seperti gula darah, kolesterol dan asam urat,” kata Kadinkes Kab. Blora Edi Widayat.

Presentase saat ini, terang Edi, memang belum terlihat secara pastinya. Namun yang jelas lebih tinggi daripada penyakit yang menular.

“Tetap berolahraga secara rutin, makan makanan yang sehat, seperti sayur, buah-buahan serta kita cek kesehatan secara berkala,” paparnya.

Edi menyebut bahwa masyarakat harus mengecek dirinya sendiri untuk menekan presentase, menggunakan gerakan kesehatan.

“Di angka 70 persen, angka kematian mendominasi penyakit yang tidak menular,” ungkap Edi.

Presentasi penyakit itu (tidak menular, red) memang cukup signifikan seperti penyakit jantung, penyakit gula dan penyakit hipertensi.

“Jaga kesehatan. Dan yang bisa menjaga kesehatan adalah diri sendiri. Ayo kenali pola menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat,” ajak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, untuk masyarakat. (Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *