Sosialisasi Stunting Bersama Edy Wuryanto Yang Bekerja Sama Dengan Bkkbn Jateng

BLORA INFO MEDIA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah dan Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto melanjutkan roadshow sosialisasi percepatan penurunan stunting di Kab. Blora, kali ini Desa Nglebak Kecamatan Kradenan, Blora menjadi destinasi selanjutnya.(28/01/2024)

Edy Wuryanto menyoroti angka kasus stunting di wilayah Blora yang belum mencapai zero kasus (nol kasus) stunting. Seluruh pihak harus berupaya menurunkan angka stunting di wilayah Blora. Terutama upaya dari bawah yaitu pihak keluarga yang harus memenuhi asupan gizi pada anak-anak mereka. Minimal sehari mengkonsumsi makanan berprotein hewani, seperti telur, ayam, daging, ikan, dan lain-lain yang dapat membantu memenuhi asupan gizi pada tubuh agar tidak mengalami stunting. Beliau menambahkan untuk para ibu hamil lebih memperhatikan kondisi kesehatan janinnya, rajin memeriksakan ke fasilitas kesehatan guna mengetahui kondisi kesehatan janin dan sang ibu. Jika mengalami kekurangan gizi atau kondisi kesehatannya kurang baik, maka pihak tenaga kesehatan dapat mengetahui vitamin apa yang diberikan kepada sang ibu. Karens kondisi kesehatan ibu hamil tidak sama, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Namun, yang paling penting adalah ibu hamil jangan sampai mengalami anemia atau kadar hemoglobin yang rendah. Karena dengan kondisi seperti itu dapat meningkatkan resiko stunting.

Heri Kusyanto selaku perwakilan BKKBN Jateng menambahkan jika generasi muda menjadi pilar penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Dimana bayi yang masih dalam kandungan, bayi yang baru lahir ataupun balita menjadi perhatian khusus pemerintah agar tidak mengalami stunting. Upaya sosialisasi ini juga suatu langkah edukasi agar para orangtua sadar akan pentingnya menjaga kesehatan terutama pada bayi atau balita.

300 orang menjadi peserta dalam kegiatan sosialisasi ini, rata-rata para orang tua yang masih memiliki anak yang masih kecil dan para remaja yang baru menginjak dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *