KTH Blora Tanam 100 Ribu Pohon Buah di KHDPK Perhutanan Sosial

KTH Blora Tanam 100 Ribu Pohon Buah di KHDPK Perhutanan Sosial

BLORA, INFO MEDIA – Kelompok Tani Hutan (KTH) Kabupaten Blora menanam ratusan ribu bibit pohon buah, di Kawasan Hutan Dengan Pengelolaan Khusus (KHDPK) perhutanan sosial yang ada di wilayah Blora.

Dalam penanaman ini KTH Blora didampingi oleh Perkumpulan Rejo Semut Ireng Kabupaten Blora.

Koordinator Perkumpulan Rejo Semut Ireng, Mulgianto, mengatakan terdapat 55 KTH yang ada di Blora menggelar gerakan penanaman pohon serentak, yang diawali dari KTH Wisanggeni, Desa Wotbakah, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora.

“Mumpung masih musim hujan kami manfaatkan untuk menanam 100 ribu pohon buah. Tujuannya untuk mengembalikan fungsi hutan,” katanya.

Adapun untuk jenis pohon buah yang ditanam beragam. Seperti bibit pohon kedondong, matoa, mangga, alpukat, hingga lengkeng.

Lebih lanjut, Mulgianto, menjelaskan alasan memilih jenis bibit buah untuk ditanam lantaran agar dapat meningkatkan nilai perekonomian petani.

Apalagi anggota petani hutan yang didampingi Rejo Semut Ireng berjumlah lebih dari 20 ribu kepala keluarga.

“Beberapa tanaman buah ini kami pilih, dengan harapan dua tahun ke depan, sudah ada buah yang bisa dipanen. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian para petani hutan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KTH Wisanggeni, Sucipto, menambahkan bibit buah yang ditanam merupakan hasil dari swadaya petani.

“Bibitnya ini dari hasil swadaya petani, jadi ini tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah. Karena selama ini belum ada perhatian dari pemerintah daerah yg memperhatikan kami,” paparnya. (Jamz).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *