Blora Raih Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan di Hari Jadi ke 274

Hari Jadi ke 274, Blora terima penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan, Kamis (15/12/2023).

PATI, INFOMEDIA.ID.

Dalam perayaan Hari Jadi Kabupaten Blora yang ke 274, Pemkab Blora menerima kado terindah dengan mendapatkan piagam penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan, di lapangan Kridosono Blora, pada Jumat 15 Desember 2023,

Capaian kepesertaan Program JKN telah mencapai 95,58 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Blora sebesar 912.162 jiwa. Hal ini membuktikan komitmen Pemkab Blora dalam memperhatikan dan mensejahterakan masyarakat.

Hari Jadi ke 274, Blora terima penghargaan UHC  dari BPJS Kesehatan, Kamis (15/12/2023).
Hari Jadi ke 274, Blora terima penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan, Kamis (15/12/2023).

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati Wahyu Giyanto setelah menyerahkan Piagam Penghargaan UHC menyampaikan bahwa capaian ini atas kolaborasi dan sinergi yang baik antara BPJS Kesehatan, DPR RI Komisi IX dan Pemkab Blora dalam komunikasi dan edukasi kepada masyarakat Blora secara intens.

“Kami mengapresiasi Pemkab Blora atas komitmennya dalam Program JKN ini, sehingga Kepesertaan JKN bisa mencapai 95% lebih. Hal ini tak lepas dari komunikasi yang baik, kerja keras dan bantuan dari berbagai pihak,” terangnya.

Wahyu juga menambahkan bahwa beberapa bulan terkahir ini BPJS Kesehatan gencar melakukan sosialisasi bersama Pemkab Blora dan anggota Komisi IX DPR RI, serta melakukan BPJS Keliling di beberapa desa secara rutin, salah satu faktor inilah yang membuat kepesertaan JKN melesat dengan cepat di Kabupaten Blora.
“Dalam 3 bulan terakhir kami terus lakukan peningkatan pelayanan terutama untuk BPJS Keliling yang awalnya hanya 1 sampai 2 kali seminggu menjadi 2 kali lipat, serta kegiatan edukasi kepada masyarakat Blora juga dilakukan secara berkala. Kerja keras tersebut membuahkan hasil yang baik untuk masyarakat Blora,” lanjut Wahyu.

Beberapa hari yang lalu saat melaksanakan sosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat Blora, anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto menyebut Kabupaten Blora telah mencapai UHC di bulan Desember ini.

Dengan capaian itu hak jaminan kesehatan bagi masyarakat terpenuhi. Sebab, sebagian besar tercover BPJS Kesehatan. Dengan capaian UHC di atas 95 persen itu, juga memudahkan masyarakat yang belum masuk BPJS.

”Dengan capaian itu (UHC di atas 95 persen, Red), andai kata ada warga miskin berobat dan belum terkaver JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), mereka tetap langsung bisa dilayani. Tanpa harus menunggu mengaktifkan BPJS yang biasa memakan waktu sampai 14 hari,” katanya.

Hal itu menurutnya, bukti kongkret bagaimana keberhasilan capaian UHC bisa langsung dirasakan masyarakat. Jika dikalkulasi, Kabupaten Blora dengan jumlah penduduk 912.162 orang yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan ada 871.779 orang.

”Dari jumlah itu, sumbangan terbesar dari PBI (penerima bantuan iuran) APBN sebanyak 449.939 orang,” terangnya.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora itu, wujud komitmen dan keberhasilan dalam melakukan komunikasi dan membangun jaringan baik dengan Kementerian Sosial dan BPJS Kesehatan.

”Patut diacungi jempol, karena tak semua daerah mampu mencapai UHC dalam waktu cepat,” ujarnya.

Ia menyontohkan, di Karesidenan Pati, baru Rembang dan Blora yang sudah mencapai UHC. Sedangkan untuk kabupetan Pati saat ini masih dalam proses pengolahan data dan menyiapkan strategi untuk percepatan UHC.

Daerah lain sekitarnya belum, untuk itu, ia meminta agar layanan kesehatan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) hingga rujukan harus memberikan pelayanan yang baik kepada peserta BPJS Kesehatan.

”Tidak hanya tentang capaian saja yang kami dorong, tidak kalah penting yaitu pelayanan Peserta JKN di fasilitas kesehatan yang Tak boleh dibeda-bedakan antara non-BPJS dengan peserta BPJS Kesehatan,” tegasnya. (Gun).