BAWASLU Blora Ajak PRAMUKA SAKA ADHYASTA Terlibat Partisipatif Dalam Pengawasan Pemilu

Pramuka

BLORA, INFOMEDIA.ID.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora menyelenggarakan pembinaan terhadap Gerakan Pramuka Saka Adhyasta untuk terlibat langsung dalam pengawasan tahapan pemilu tahun 2024 secara partisipatif, pada Sabtu (16/12/23), bertempat di De Garden & Resto Sukorame, Tunjungan Blora.

Kegiatan ini dibuka oleh anggota Bawaslu Kabupaten Blora, Muhammad Mustain (Kordiv P2H).

Ia berharap besar kepada Saka Adhyasta Pemilu untuk berperan dalam pengawasan pemilu.

Menurut Mustain, gerakan pramuka merupakan tonggak penting dalam partisipasi pemuda dalam menegakkan penyelenggaraan demokrasi.

“Gerakan pramuka sebagai wadah aktivitas pemuda-pemudi bangsa diharapkan untuk terlibat lebih jauh dalam menegakkan jalannya demokrasi sebagai wujud partisipasi politik” ujarnya, dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan Saka Adhyasta Pemilu yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Blora pada Sabtu (16/12/2023).

Mustain juga mengatakan, Saka Adhyasta pemilu selain dapat menjadi sekolah demokrasi bagi para anggotanya, juga menjadi inspirasi para pemuda bangsa untuk turut berpartisipasi mengawasi pemilu agar berjalan bebas dan adil.

“Anggota Saka Adhyasta harus menjadikan dirinya pioneer dalam sebuah gerakan ayo mengawasi bersama, serta menularkan semangat ke semua orang dalam mengawasi,” pungkasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan Bawaslu Blora ini, merupakan upaya dalam menjalankan tugas pengawasan dengan menggadeng gerakan gramuka agar lebih banyak lagi yang terlibat langsung dalam pengawasan pemilu tahun 2024, terutama generasi muda yang ada dalam wadah organisasi pramuka. (Gun).