SENYUM CERIA WINARTI, Berobat Ke Fasilitas Kesehatan Tidak Antre Lagi

Winarti (55) seorang ibu rumah tangga berdomisili di dukuh jembangan Kec. Sukolilo Kabupaten Pati

INFO MEDIA, PATI – Inovasi antrean online yang diterapkan BPJS Kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah membawa perubahan signifikan dalam pelayanan pendaftaran di berbagai fasilitas kesehatan. Hal ini ditunjukkan dengan ekspresi senyum ceria Winarti saat berobat di RSUD Kayen Pati, Senin ( 27/05).

Winarti (55) seorang ibu rumah tangga berdomisili di dukuh jembangan Kec. Sukolilo Kabupaten Pati yang telah menjadi peserta JKN mandiri kelas III sejak tiga tahun lalu, mengungkapkan rasa puasnya terhadap pelayanan kesehatan sejak adanya antrean online.

“Dulu, saya harus datang pagi-pagi sekali untuk mengantre dan itupun lama, tetapi sekarang semuanya jauh lebih cepat dan mudah sejak adanya antrean online ,” tuturnya.

Inovasi sistem antrean online Program JKN di fasilitas kesehatan, peserta JKN dapat mendaftar dan memesan antrean di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan melalui aplikasi mobile atau website resmi dimana saja Peserta JKN berada.

“Saya bisa daftar dari rumah, lalu datang ke fasilitas kesehatan sesuai jadwal, dan langsung mendapat pelayanan. Ini sangat menghemat waktu dan tenaga saya,” ujar Winarti dengan senyum lebar.

Program antrean online ini memang dirancang untuk mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan efisiensi pelayanan di fasilitas kesehatan. Melalui aplikasi Mobile JKN, peserta dapat memilih jadwal kunjungan dan melakukan pendaftaran secara online, sehingga proses administrasi di fasilitas kesehatan menjadi lebih mudah dan cepat.

‘’Cara menggunakannya juga juga cukup mudah, tinggal buka aplikasi Mobile JKN lalu pilih menu antrean faskes dan kemudian daftar, setelah selesai langsung nomor antrean keluar,” terangnya.

Manfaat antrean online dalam Program JKN diantaranya adalah mengurangi waktu tunggu pendaftaran, kemudahan akses layanan kesehatan, transparansi dalam pelayanan administrasi pendaftaran, dan yang lebih penting lagi adalah menghindari penumpukan antrean.

“Saya berharap BPJS Kesehatan terus memberikan inovasi yang memudahkan Peserta JKN dalam mendapatkan layanan kesehatan di semua fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia,” pungkasnya.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pati, Wahyu Giyanto, juga memberikan tanggapan positif terkait implementasi antrean online yang terus di gencarkannya. Harapannya adalah peningkatan mutu dan kualitas layanan di fasilitas kesehatan, sehingga kepuasan layanan ke pada Peserta JKN menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

“Kami sangat senang melihat antusiasme dan kepuasan peserta JKN terhadap layanan antrean online. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan teknologi ini, kita bisa mengurangi antrean panjang dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi peserta JKN,” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi aplikasi Mobile JKN agar semakin banyak peserta paham dan dapat memanfaatkannya.

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan mendengarkan masukan dari Peserta JKN, agar layanan yang kami berikan dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Wahyu juga menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Pati terus lakukan pemantauan dan pengawasan pemanfaatan layanan antrean online di fasilitas kesehatan agar dapat diketahui presentase keberhasilannya.

“Pengawasan dan pemantauan kami lakukan setiap bulan agar kami mengetahui presentase penggunaan antrean online di fasilitas kesehatan, jika terdapat pemanfaatan yang rendah kami segera tindak lanjuti untuk mengetahui permasalahan yang ada dan memberikan solusinya,” tutupnya.

Dengan adanya layanan antrean online, diharapkan semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya dan dapat menikmati layanan kesehatan dengan lebih nyaman dan efisien. Program ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *