Roadshow Sosialisasi Stunting Bkkbn Jateng Bersama Edy Wuryanto

BLORA INFO MEDIA – BLORA –Menjadi hari terakhir rangkaian sosialisasi stunting BKKBN Jateng dengan mitra kerja Edy Wuryanto.(02/02/2024)

Selama beberapa minggu, setelah roadshow di wilayah Gubug Grobogan dan dilanjutkan di wilayah Blora, sosialisasi stunting diakhiri dengan bertemu warga Jiken Blora. 300 orang tetap semangat dan antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber, walaupun diguyur hujan deras, acara berlangsung lancar.

Edy Wuryanto menyoroti angka stunting di wilayah Blora, bersama warga Jiken, Blora beliau menjelaskan jika faktor stunting bukan hanya disebabkan oleh faktor kurangnya gizi akibat ekonomi keluarga yang kurang baik, namun ada beberapa hal yang dapat dimenyebabkan resiko stunting menjadi tinggi. Seperti, pernikahan dini yang masih sangat tinggi diwilayah Blora, prioritas dilingkungan keluarga yang lebih mementingkan konsumsi rokok daripada konsumsi makanan mengandung protein, lingkungan yang belum bersih, masih ada sebagian warga yang belum memiliki jamban yang layak, serta akses air bersih yang terkadang masih susah. Dalam hal ini seluruh elemen masyarakat harus ikut bergabung untuk meminimalisir  resiko stunting, dari keluarga, lingkungan sekitar rumah, pemerintah desa, pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi harus bahu-membahu agar Blora 0 kasus stunting.

 

Suwarno perwakilan BKKBN Jateng menyebutkan jika masalah kesehatan anak dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan dikarenakan intake makanan menurun, menurunnya absorbsi zat gizi oleh tubuh yang menyebabkan tubuh kehilalangan zat gizi yang dibutuhakan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Masalah kesehatan yang berlanjut menyebabkan imunitas tubuh mengalami penurunan, sehingga mempermudah terjadinya penyakit atau infeksi. Kondisi yang demikian apabila terjadi secara terus menerus maka dapat menyebabkan gangguan gizi kronik yang akan menyebabkan gangguan pertumbuhan seperti stunting. Pendapatan atau kondisi ekonomi keluarga yang kurang biasanya akan berdampak kepada hal akses terhadap bahan makanan yang terkait dengan daya beli yang rendah, selain itu apabila daya beli rendah maka mungkin bisa terjadi kerawanan pangan di tingkat rumah tangga.

Akhir acara diadakan sesi foto bersama dan sebagai penutup roadshow sosialisasi stunting antara BKKBN Jateng dan Anggota komisi IX DPR RI Edy Wuryanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *