Ribuan Pohon Ditanam Peringati Hari Lingkungan Hidup di Blora

Ribuan pohon yang ditanam secara kolaborasi dari BUMN/BUMD, dunia usaha, masyarakat maupun kelompok masyarakat, akademisi, generasi muda serta pers, dan Pemkab Blora itu dilakukan di sepanjang 3,5 Km para ruas jalan Sumber - Temulus.

INFO MEDIA, BLORA – Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 di Kabupaten Blora, diwarnai dengan penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber – Temulus, Kecamatan Menden, Rabu (12/6/2024). Hal itu dilakukan dalam rangka dapat berkontribusi menjaga lingkungan melalui upaya memulihkan lahan terdegradasi dan meningkatkan ketahanan iklim.

Ribuan pohon yang ditanam secara kolaborasi dari BUMN/BUMD, dunia usaha, masyarakat maupun kelompok masyarakat, akademisi, generasi muda serta pers, dan Pemkab Blora itu dilakukan di sepanjang 3,5 Km para ruas jalan Sumber – Temulus.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Blora, Istadi Rusmanto menjelaskan, jumlah pohon yang ditanam ada sekitar bahwa nantinya akan ada sekitar 1.500 pohon.

“Di puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Blora ini, kita menanam sekitar 1.500 pohon di sepanjang jalan Sumber – Temulus, dengan panjang kurang lebih 3,5 Km,” kata Istadi Rusmanto.

Bupati Blora Arief Rohman, hadir dan ikut serta melakukan penanaman pohon di tepi ruas jalan yang selesai dibangun melalui Inpres tahun lalu tersebut. Nampak seluruh kepala OPD dan camat, juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Sambutannya luar biasa, di Desa Sumber dan sekitarnya. Dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia tahun ini, saya memang minta agar dilaksanakan di Sumber, karena disini juga pusat sumber energi yang ada di Indonesia,” terang Bupati Arief.

Dijelaskan, acara penanaman pohon di Desa Sumber didukung berbagai pihak. Seperti halnya PT. Pertamina EP Asset 4 Zona 11 Field Cepu, PT. Bank BPD Jateng Cabang Blora, PT. Super Petrindo Perkasa, Eco Enzym Nusantara Blora dan sebagainya.

“Dalam acara ini juga ada eco enzym juga yang digunakan supaya pencemaran bisa kita kurangi,” ungkapnya.

Mas Arief, panggilan akrab Bupati Arief Rohman, mengapresiasi, antusiasme dan semangat dari para pelajar yang ikut serta hadir dalam acara penanaman pohon tersebut. Ia berharap, lewat momen ini bisa menanamkan nilai-nilai untuk menjaga lingkungan sejak dini.

Ia juga mengapresiasi atas dukungan semua pihak yang terus aktif mendukung upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Blora. (Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *