Puskesmas Pancur Juara 1 Nasional Pemanfaatan Antrean Online Terbaik

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati Wahyu Giyanto saat memberikan penghargaan juara 1 Nasional Pemanfaatan Antrean Online Terbaik kepada Kepala Puskesmas Pancur Rembang, dr. Samsul Anwar.

REMBANG, INFO MEDIA – Puskesmas Pancur, meraih penghargaan bergengsi dari BPJS Kesehatan sebagai Juara 1 Tingkat Nasional dalam video testimoni pemanfaatan antrean online terbaik.

Pemberian penghargaan ini diserahkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati Wahyu Giyanto, selaku mewakili dari BPJS Kesehatan Pusat, Rabu ( 21/02).

Prestasi ini menjadi cermin keberhasilan dalam menerapkan teknologi untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Rembang.

Kepala Puskesmas Pancur, dr. Samsul Anwar, mengungkapkan kebanggaannya dalam sambutan diacara penyerahan penghargaan bergengsi tersebut.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini. Ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi tim yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah Rembang,” ungkap dr. Samsul.

Pemanfaatan sistem antrean online telah menjadi inovasi yang membawa perubahan signifikan dalam mengatasi masalah antrean panjang dan peningkatan efisiensi layanan di Puskesmas Pancur. Melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses melalui smartphone atau situs web, masyarakat dapat mendaftar dan memilih jadwal kunjungan ke Puskesmas tanpa harus datang secara langsung.

“Sebelumnya, antrean panjang seringkali menjadi masalah di Puskesmas. Dengan sistem ini, kami dapat mengurangi waktu tunggu pasien hingga 50%, sehingga pasien dapat menerima pelayanan kesehatan lebih mudah, cepat, dan Setara,” tambahnya.

Pemanfaatan antrean online oleh BPJS Kesehatan memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi peserta JKN dan layanan kesehatan secara umum diantaranya, penghematan waktu, peningkatan efisiensi pelayanan, kenyamanan bagi pasien, pemantauan dan evaluasi sistem, peningkatan transparansi dan akuntabilitas layanan.

“Antrean online ini sudah kami terapkan sejak tahun kemarin, dan dampaknya sangat besar bagi kami terutama dalam memudahkan petugas melayani peserta JKN dan mengurangi antrean pendaftaran,” pungkasnya.

Secara keseluruhan, pemanfaatan antrean online oleh BPJS Kesehatan memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi peserta, fasilitas kesehatan, dan sistem kesehatan secara keseluruhan.

Dengan menggunakan teknologi ini, diharapkan pelayanan kesehatan dapat menjadi lebih efisien, terjangkau, dan mudah diakses bagi semua peserta BPJS Kesehatan.

“Peserta JKN yang akan berobat ke fasilitas kesehatan cukup menggunakan HP dan mendaftar dari rumah, dari situ bisa diketahui nomor antrean dan perkiraan dilayani di fasilitas kesehatan,” terangnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Wahyu Giyanto, juga memberikan apresiasi atas prestasi Puskesmas Pancur.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi dalam pelayanan kesehatan merupakan langkah yang sangat positif dalam meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Gaya hidup yang semakin modern memerlukan inovasi dalam pelayanan kesehatan. Puskesmas Pancur telah memberikan teladan yang baik dalam memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan masyarakat,” ujar Wahyu.

Antrean online memberikan kenyamanan ekstra bagi peserta BPJS Kesehatan. Mereka tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menunggu giliran di fasilitas kesehatan atau rumah sakit. Sebaliknya, mereka dapat melakukan aktivitas lain yang lebih produktif, sambil menunggu giliran mereka tiba.

“Melalui Inovasi yang sangat bermanfaat ini, kami yakin peserta JKN dapat terlayani lebih baik dan lebih cepat, sangat praktis dan menguntungkan semua pihak,” jelasnya.

Wahyu menyatakan bahwa meskipun hanya dalam lomba video, namun ini mencerminkan bermanfaatnya antrian online untuk percepatan layanan. Menurutnya, video yang baik juga memerlukan kerja keras dan inovasi untuk menghasilkan karya yang mendapat apresiasi.

“Ini menjadi penyemangat kita, bahwa layanan di puskesmas sudah benar-benar bagus. Kita akan tularkan ini ke puskesmas-puskesmas lain yang ada di Wilayah Kantor Cabang Pati agar kesetaraan bisa dirasakan oleh Peserta JKN,” tuturnya.

Prestasi Puskesmas Pancur dalam pemanfaatan antrean online menjadi inspirasi bagi lembaga kesehatan lainnya untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Diharapkan, penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan lokal, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan di semua fasilitas kesehatan. (Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *