Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati Melakukan Supervisi Pelayanan Peserta JKN di RS KSH Tayu

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Wahyu Giyanto saat melakukan supervisi pelayanan peserta JKN di Rumah Sakit Keluarga Sehat (KSH) Tayu, Rabu (03/01).

PATI, INFOMEDIA.ID.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Wahyu Giyanto mengawali tahun baru 2024 dengan melakukan supervisi langsung terhadap pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Keluarga Sehat (KSH) Tayu, Rabu (03/01).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kualitas dan kelancaran pelayanan kesehatan kepada peserta JKN serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program kesehatan nasional BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Wahyu Giyanto saat melakukan supervisi pelayanan peserta JKN di Rumah Sakit Keluarga Sehat (KSH) Tayu, Rabu (03/01).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Wahyu Giyanto saat melakukan supervisi pelayanan peserta JKN di Rumah Sakit Keluarga Sehat (KSH) Tayu, Rabu (03/01).

Pada kunjungan tersebut, Wahyu Giyanto secara langsung memeriksa fasilitas penunjang pelayanan seperti anjungan antrean online, E- Resep, E-SEP dan ketepatan jadwal praktek dokter.

Tidak lupa melakukan pertemuan dengan tenaga medis, dan berdialog dengan peserta JKN yang tengah mendapatkan pelayanan.

Beliau menekankan pentingnya pelayanan yang berkualitas dan efisien dalam mendukung kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

“Melalui supervisi ini, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan kepada peserta JKN. Ini merupakan langkah awal di tahun ini dalam mengoptimalkan sistem dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ungkap Wahyu.

Wahyu menyampaikan supervisi ini sangat penting untuk memastikan bahwa pelayanan di fasilitas kesehatan sesuai dengan standar pelayanan yang telah di sepakati antara rumah sakit dengan BPJS Kesehatan.

“Sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) BPJS Kesehatan terus berkomitmen memastikan tidak ada peserta JKN yang terlantar atau mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai diawal tahun ini, semua harus benar – benar mempunyai integritas tinggi dalam melayani masyarakat terutama Peserta JKN,” pungkasnya.

Direktur RS KSH Tayu, Irawan Sanjoto Putro menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan komitmennya dalam mendukung program JKN dan terus melakukan peningkatan mutu kualitas layanan kepada pasien.

“Kami sangat senang dengan kunjungan dari BPJS Kesehatan Cabang Pati dalam supervisi ini dan sangat positif bagi kami. Ini memberikan motivasi dan dorongan untuk kami terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Kami sangat mengapresiasi fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program JKN,” terangnya.

Irawan juga menambahkan dengan berbagai upaya, RS KSH Tayu berharap dapat terus menjadi mitra yang handal bagi peserta JKN dan masyarakat umum dalam memenuhi kebutuhan kesehatan mereka serta memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan setara.

“Kami percaya bahwa kesehatan adalah hak dasar setiap individu. Dengan menguatkan komitmen kami terhadap pelayanan Peserta JKN, kami berharap dapat turut berkontribusi dalam mencapai tujuan program JKN untuk meningkatkan aksesibilitas dan mutu pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Berbagai langkah konkret telah diambil oleh rumah sakit ini untuk memastikan peserta JKN mendapatkan pelayanan yang memadai, antara lain penyediaan fasilitas kesehatan terkini, sumberdaya manusia yang profesional, sistem informasi dan administrasi yang efisien dan komitmen terhadap kepuasan pasien.

“Kami menganggap setiap peserta JKN sebagai mitra yang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik. Komitmen ini merupakan bagian integral dari misi kami untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten pati dan sekitarnya,” ungkap Irawan.

Salah satu pasien peserta JKN, Febri Mariani memberikan keterangan setelah mendapatkan pelayanan kesehatan di RS KSH Tayu bahwa pelayanan bagi peserta JKN saat ini jauh lebih bagus. Tidak hanya cepat dalam mendapatkan pelayanan tetapi juga kebutuhan pasien benar-benar di penuhi oleh rumah sakit.

“Saya merasa senang dan dihargai karena BPJS Kesehatan turun langsung mengecek pelayanan di rumah sakit. Semoga ini menjadi awal yang baik di tahun baru ini dalam  perbaikan sistem kesehatan dan peningkatan pelayanan kepada peserta JKN,” ungkapnya.

BPJS Kesehatan Cabang Pati meyakini bahwa kolaborasi antara rumah sakit, pemerintah, dan peserta JKN adalah kunci untuk mencapai visi bersama dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan langkah-langkah konkret yang telah diambil, Fasilitas Kesehatan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya menciptakan sistem kesehatan yang inklusif dan berdaya guna bagi semua. (Gun).