
Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Blora, Jumat (19/2/2021).
Kegiatan mendadak itu, sempat membuat para personil yang bertugas di Satuan Lalu Lintas Polres Blora termasuk yang melaksanakan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) terkejut, karena memang kedatangan orang nomor satu di Polres Blora itu sebelumnya tidak diberitahukan.
Dalam sidak tersebut, AKBP Wiraga Dimas Tama, SIK Kapolres Blora langsung mendatangi dan memeriksa satu persatu ruang pelayanan. Tak hanya itu, Kapolres Blora juga berdialog langsung dengan pemohon SIM dan menanyakan pelayanan pembuatannya.
AKBP Wiraga menekankan agar dalam pelaksanaan tugas, polisi bukan dilayani, tetapi harus menjadi pelayan bagi masyarakat.
” Bukan hanya kapolres atau kasat yang bisa mengawasi kalian semua, namun saat ini masyarakat juga bisa mengawasi kinerja kita sekalian,” jelas Kapolres Blora, berpesan kepada anggotanya.
Di Satpas tersebut, AKBP Wiraga juga melakukan pemeriksaan peralatan yang disediakan guna pengujian pemohon SIM, seperti alat Simulator, Komputer Ujian Online, pengambilan Sinyalemen, serta ruangan arsip data, guna memastikan anggota Polres Blora melaksanakan tugas dan menjaga peralatan yang disediakan dengan baik.
Kapolres juga menekankan, selama proses pelayanan di Kantor Satpas SIM harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, tidak hanya pemohon SIM, namun petugaspun wajib disiplin.
“Protokol kesehatan harus dilaksanakan oleh semua, baik petugas maupun pemohon SIM, wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” jelas Kapolres.
Kapolres menyampaikan kepada seluruh petugas pelayanan penerbitan SIM dan Sat Lantas mengingatkan agar tidak main-main dalam pelaksanaan tugas termasuk tidak melakukan pungli.
“Untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih melayani, Satuan Lalu Lintas Polres Blora harus bersih dari Pungli, tidak adalagi pemikiran-pemikiran polisi lama yang harus dilayani, namun mari lakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, dan humanis,” pungkas AKBP Wiraga.
Salah satu pemohon SIM, Ningsih mengaku senang dan terlayani dengan baik.
“Alhamdulilah pelayanannya bagus dan memperhatikan protokol kesehatan, sehingga aman dari Covid – 19,” ucap Ningsih.