Cerita Alifia Merasa Puas, Ada Kemudahan Dalam Pelayanan

Alifia Nur Rachma peserta JKN asal Pati, Jawa Tengah.

PATI, INFO MEDIA – Alifia Nur Rachma, seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), menyampaikan kepuasannya terhadap pelayanan yang diterimanya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pati, Rabu (25/01). Dalam kunjungannya ke kantor tersebut, Alifia merasakan kemudahan layanan yang diterimanya.

Alifia panggilannya, adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari instansi perhubungan laut di dermaga III Juwana Pati, tujuannya datang kekantor untuk mengalihkan status kepesertaannya dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah menjadi segmen Peserta Penerima Upah (PPU).

Alifia Nur Rachma peserta JKN asal Pati, Jawa Tengah.
Alifia Nur Rachma peserta JKN asal Pati, Jawa Tengah.

Dia mengungkapkan bahwa pelayanan yang diterimanya di kantor BPJS Kesehatan Cabang Pati memberikan pengalaman yang positif dari saat dia datang sampai selesai dilayani.

“Saya merasa dihargai waktu datang kesini, Petugasnya ramah dan siap membantu. Dari awal saya datang petugas menanyakan keperluan yang saya butuhkan dengan sopan dan mengarahkan saya kemana saya menunggu,” ungkap Alifia.

Salah satu hal yang membuat Alifia merasa puas adalah kemudahan dalam proses administrasi pendaftaran dari awal sampai dengan pelayanan di frontliner yang tidak ribet dan sangat bagus dalam memperlakukan peserta.

“Saya sangat senang karena prosesnya begitu mudah. Saya tidak diminta untuk membuat fotokopi berkas persyaratan, yang sering kali membuat proses administratif terasa lebih rumit. Di sini, semuanya lebih praktis,” ungkap Alifia.

Kepuasan Alifia tidak hanya terbatas pada proses administratif, melainkan juga terkait dengan edukasi yang diterimanya baik dari pemilihan faskes sampai dengan pemanfaatan kanal layanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

“Petugas di kantor BPJS Kesehatan memberikan informasi terkini mengenai manfaat dan fasilitas yang dapat saya nikmati sebagai peserta JKN. Itu membantu saya untuk lebih memahami hak dan kewajiban sebagai Peserta,” tambah Alifia.

Adapun kelengkapan berkas persyaratan sebagai Peserta Penerima Upah yang disiapkan adalah Kartu Keluarga atau KTP, SK Pegawai dan Daftar Gaji.

Persyaratan tersebut bisa dilengkapi Peserta dengan atau tanpa Foto Copy yang nantinya setelah selesai mendapatkan layanan berkas tersubut dikembalikan oleh petugas yang melayani.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati Wahyu Giyanto, menyambut baik kepuasan pelayanan dari Alifia. Menurutnya, BPJS Kesehatan KC Pati terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dengan mutu layanan yang mudah, cepat dan setara.

“Pelayanan yang kami berikan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Pati sesuai dengan standar pelayanan yang sudah ditentukan, kami mengedepankan kepuasan Peserta JKN dalam mendapatkan pelayanan dan yang pasti pelayanan yang diberikan gratis tanpa ada pungutan biaya,” ujarnya.

Wahyu menambahkan bahwa pelayanan yang ramah dan efisien merupakan bagian dari komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Selain itu, kami juga terus berupaya memberikan edukasi yang maksimal agar Peserta JKN dapat memanfaatkan program ini secara optimal. Dalam penutupan pelayanan biasanya petugas kami membantu Peserta untuk mendownload Aplikasi Mobile JKN dan memberikan petunjuk cara penggunaaan aplikasi tersebut,” tambahnya.

Sebagai bentuk komitmen dalam pelayanan, kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati juga menekankan pentingnya komunikasi yang baik antara petugas dan peserta. Komunikasi yang efektif bukan hanya sekadar pertukaran informasi, tetapi juga membangun kepercayaan, memudahkan proses administratif, dan meningkatkan pemahaman peserta terhadap Program JKN.

“Penjelasan yang baik adalah kunci untuk memberikan pelayanan yang ramah dan membantu peserta JKN. Kami akan terus berupaya agar setiap petugas dapat memberikan penjelasan yang memudahkan dan memastikan kebutuhan peserta terpenuhi dengan baik,” pungkasnya.

Dengan kemudahan pelayanan dan didukung dengan system yang baik, diharapkan pelayanan JKN terus berkembang untuk memberikan manfaat maksimal dan memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dengan lebih baik. (Gun).