Bupati Terjunkan Mahasiswa IAIN Pekalongan, KKN Tematik Di Desa Sidomulyo

Bupati Blora H. Arief Rohman, S. IP, M. Si bersama Rektor IAIN Pekalongan Dr. Zaenal Mustakim Ketua LPPM IAIN Pekalongan, secara simbolis membuka pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Sidomulyo Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, pada Senin (6/9/2021).

BLORA, INFOMEDIA.ID

Bupati Arief Rohman secara simbolis membuka pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik mahasiswa IAIN Pekalongan, bertempat di Balai Desa Sidomulyo Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora. Acara  tersebut dihadiri oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. Zaenal Mustakim Ketua LPPM IAIN Pekalongan, Kepala OPD terkait, Camat dan Kades Sidomulyo, pada Senin (6/9/2021).

Bupati menyambut baik hadirnya mahasiswa IAIN Pekalongan yang akan melaksanakan KKN Tematik di Desa Sidomulyo.

“Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Rektor IAIN Pekalongan yang juga putra asli Blora sudah menindaklanjuti MoU kita terkait berbagai kerjasama yang kita lakukan,” ungkap Bupati.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S. IP, M. Si bersama Rektor IAIN Pekalongan Dr. Zaenal Mustakim Ketua LPPM IAIN Pekalongan, secara simbolis membuka pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Sidomulyo Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, pada Senin (6/9/2021).
Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si secara simbolis membuka pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik mahasiswa IAIN Pekalongan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Senin (6/9/2021).

Menurut Bupati, Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa prioritas yang menjadi fokus dalam pengentasan kemiskinan. Meski demikian, desa tersebut memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan, baik dari sektor pertanian, peternakan, dan sebagainya.

Disampaikannya, KKN di Desa Sidomulyo ini menjadi awal untuk pendampingan dan pengembangan desa-desa lainnya nanti.

“Dengan adanya KKN ini kita jadikan momentum awal Desa Sidomulyo untuk lebih baik, kita awali dari Sidomulyo kita ingin menjadi percontohan desa-desa lainnya, kalau perlu ini menjadi ‘Kampungnya IAIN Pekalongan’ di Blora,” tambahnya

Bupati berharap agar program KKN tematik mahasiswa dapat berjalan lancar, termasuk dengan adanya pengembangan SID nantinya.

“Tolong bisa bersinergi antara mahasiswa, dosen dengan perangkat desa, masyarakat dalam mencapai tujuan dan potensi yang ada ini tolong kami dibantu mengoptimalkan termasuk pemetaan terkait kemiskinan dan angka stunting,” pesan Bupati.

Kemudian, segenap OPD Pemkab Blora pun diminta turut siap bersinergi dalam membantu pengembangan desa tersebut.

Bupati berharap agar dengan hadirnya mahasiswa dan dosen IAIN Pekalongan tersebut dapat memotivasi dan memberi contoh baik pada masyarakat.

“Kami harap juga memotivasi masyarakat, memberi contoh melakukan hal yang lebih baik, di sektor pertanian, peternakan kesehatan, pendidikan dan Bumdes, potensi UMKM, pariwisata termasuk infrastukturnya tolong dipetakan,” pungkasnya.

Bupati menyampaikan bahwa KKN tematik ini mengusung tema penguatan potensi desa menuju desa tangguh dan sejahtera. Diharapkan nantinya, KKN ini dapat berkelanjutan.

Rektor IAIN Pekalongan Dr. Zaenal Mustakim, M.Ag, Ketua LPPM IAIN Pekalongan
Rektor IAIN Pekalongan Dr. Zaenal Mustakim, M. Ag, Ketua LPPM IAIN Pekalongan

Sementara itu, Rektor Zaenal Mustakim mengungkapkan bahwa KKN tematik kali ini mengangkat mengenai pengembangan Sistem Informasi Desa (SID).

“KKN kita kali ini tematik dan yang kita angkat selama dua periode tahun adalah akan membuat sistem informasi desa (SID), sebagai basic untuk membuat data desa,” paparnya.

Lanjutnya, hasil data tersebut nantinya dapat digunakan untuk menyusun program yang tepat sasaran.

“Data yang nantinya akan digunakan untuk menyusun program supaya tepat sasaran dan sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat,” ucap Rektor.

“Sehingga waktu selesai datanya di sistem, baru kita membuat program, program nya apa? nanti juga bisa menjadi ranahnya OPD Pemkab Blora, untuk sama-sama membangun Sidomulyo,” sambungnya.

Zaenal merinci, pada tahun ini terdapat dua angkatan KKN yang akan diterjunkan. Disampaikannya, mahasiswa satu angkatan KKN yang diterjunkan kali ini sebanyak 13 orang, sehingga total ada 26 mahasiswa pada tahun ini. Program KKN pun akan dilakukan secara multi years atau kontinyu.

“Tahun ini dua angkatan, yang dimulai tanggal 6 September sampai tanggal 21 Oktober, yang kedua nanti 21 Oktober sampai sekitar akhir November. Tahun depan masih dua (angkatan) lagi, untuk membuat SID lengkap, agar memotret semua hal yang ada di Desa Sidomulyo secara optimal,” lanjutnya.

Secara simbolis, Bupati beserta Rektor IAIN Pekalongan menyematkan almamater kepada perwakilan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN Tematik, sekaligus sebagai tanda mulai diterjunkannya para mahasiswa ke tengah-tengah masyarakat. (Gun & Febri).