KAI Perpanjang Pengalihan Rute 28 KA dan Pembatalan 8 Perjalanan Hingga 5 Februari 2025

KAI Perpanjang Pengalihan Rute 28 KA dan Pembatalan 8 Perjalanan Hingga 5 Februari 2025 KAI Perpanjang Pengalihan Rute 28 KA dan Pembatalan 8 Perjalanan Hingga 5 Februari 2025

INFO MEDIA, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang masih menerapkan pola operasi pengalihan rute perjalanan kereta api serta pembatalan beberapa perjalanan hingga Rabu, 5 Februari 2025. Kebijakan ini diberlakukan karena proses normalisasi jalur KA di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan, masih berlangsung dan belum dapat dilalui secara aman.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyatakan bahwa keselamatan penumpang dan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup agar proses perbaikan dapat dilakukan secara optimal.

“KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, serta material pendukung lainnya untuk mempercepat pemulihan jalur. Saat ini, tim kami bekerja sama dengan berbagai pihak dalam pengerjaan pengisian karung dengan batu kricak, pengiriman bantalan beton, pemasangan perancah besi, pembangunan tanggul darurat, serta pembuatan temporary track menggunakan alat berat sebagai langkah kesiapan normalisasi jalur,” ujar Franoto.

KAI menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat gangguan perjalanan ini.

“Penutupan jalur ini berdampak pada perjalanan KA yang melintasi rute Semarang-Surabaya dan sebaliknya. Oleh karena itu, KAI menerapkan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan beberapa KA serta membatalkan perjalanan lainnya hingga normalisasi jalur selesai,” tambahnya.

Daftar Perjalanan KA yang Mengalami Pengalihan Rute (30 Januari – 5 Februari 2025):

Memutar via Gambringan-Gundih-Brumbung:

1. KA Harina (125) relasi Surabaya-Bandung

2. KA Harina (126) relasi Bandung-Surabaya

3. KA Ambarawa Ekspres (231) relasi Surabaya-Semarang

4. KA Ambarawa Ekspres (232) relasi Semarang-Surabaya

5. KA Ambarawa Ekspres (229) relasi Surabaya-Semarang

6. KA Ambarawa Ekspres (230) relasi Semarang-Surabaya

7. KA Dharmawangsa Ekspres (132) relasi Jakarta-Surabaya

8. KA Dharmawangsa Ekspres (131) relasi Surabaya-Jakarta

Memutar via Surabaya-Solo-Brumbung:

1. KA Argo Bromo Anggrek (1) relasi Surabaya-Jakarta

2. KA Argo Bromo Anggrek (2) relasi Jakarta-Surabaya

3. KA Sembrani (61) relasi Surabaya-Jakarta

4. KA Sembrani (62) relasi Jakarta-Surabaya

5. KA Sembrani (63) relasi Surabaya-Jakarta

6. KA Sembrani (64) relasi Jakarta-Surabaya

7. KA Pandalungan (77) relasi Jember-Jakarta

8. KA Pandalungan (78) relasi Jakarta-Jember

9. KA Jayabaya (107) relasi Malang-Jakarta

10. KA Jayabaya (108) relasi Jakarta-Malang

11. KA Gumarang (129) relasi Surabaya-Jakarta

12. KA Gumarang (130) relasi Jakarta-Surabaya

13. KA Blambangan Ekspres (186) relasi Jakarta-Ketapang

14. KA Blambangan Ekspres (185) relasi Ketapang-Jakarta

15. KA Kertajaya (219) relasi Surabaya-Semarang

16. KA Kertajaya (220) relasi Semarang-Surabaya

17. KA Airlangga (235) relasi Surabaya-Jakarta

18. KA Airlangga (236) relasi Jakarta-Surabaya

Memutar via Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Cirebon:

1. KA Argo Bromo Anggrek (3) relasi Surabaya-Jakarta

2. KA Argo Bromo Anggrek (4) relasi Jakarta-Surabaya

Daftar Pembatalan Perjalanan KA tanggal 30 Januari s.d. 5 Februari 2025 sebagai berikut:

1. KA Blora Jaya (227) relasi Cepu-Semarang

2. KA Blora Jaya (228) relasi Semarang-Cepu

3. KA Kedung Sepur (546) relasi Semarang-Ngrombo

4. KA Kedung Sepur (545) relasi Ngrombo-Semarang

5. KA Kedung Sepur (548) relasi Semarang-Ngrombo

6. KA Kedung Sepur (547) relasi Ngrombo-Semarang

7. KA Tegal Bahari (169) relasi Tegal-Jakarta

8. KA Tegal Bahari (170) relasi Jakarta-Tegal

Kebijakan Pengembalian Tiket dan Layanan Tambahan*

Sebagai bentuk kompensasi bagi pelanggan yang terdampak, KAI menyediakan layanan pengembalian tiket secara penuh (100%) atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, pelanggan yang mengalami keterlambatan perjalanan akan mendapatkan layanan service recovery sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami memahami ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan akibat kondisi ini. Oleh karena itu, kami terus berupaya mempercepat penanganan dengan menggandeng berbagai pihak,” tambah Franoto.

“Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian dan dukungan seluruh pelanggan selama proses penanganan ini berlangsung. Keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama kami,” tutup Franoto. (Cp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!